Selasa, 23 September 2008

Renungan Ramadhan 1429H (Baca Alquran diiringi lagu PadaMu kubersujud)

Semalam selesai sholat Isya (sebelum sholat Tarawih), saya mendengarkan ceramah yang sangat memotivasi dari seorang Ustat. Inti ceramahnya menganjurkan agar waktu kita dalam kehidupan ini diisi dengan terus menerus membaca dan belajar, baik itu membaca / belajar ilmu pengetahuan yang menyebabkan kita pandai dan bermanfaat bagi kebahagiaan di dunia, maupun membaca/ mempelajari ilmu agama agar kita pandai dan bermanfaat bagi kebahagiaan kita di kehidupan masa depan di akhirat.

Kata-kata Pak Ustat terus menerus saya renungi sekembalinya dari masjid, ternyata memang benar jika kita mempelajari ilmu dunia, maka dunia itu akan kita raih, tetapi jika kita mempelajari ilmu agama, maka Insya Allah kita akan mendapat dua manfaat yaitu kebahagian dunia dan kebahagiaan akhirat. Kebahagiaan dunia Alhamdulillah bisa kita rasakan saat ini., sedangkan kebahagiaan akhirat itu masih rahasia Ilahi. Tetapi kita harus yakin dengan janji-janji Allah, jika kita telah membagi kebahagiaan yang kita miliki kepada orang-orang disekitar kita yang kurang beruntung dalam bentuk infaq, sedekah, ataupun zakat, maka amal ibadah ini akan menjadi tabungan bagi kebahagian hidup kita di akhirat kelak.


Malam Ramadhan yang tinggal beberapa hari ini, terus saya manfaatkan sebesar-besarnya untuk mendapatkan nilai terbaikNya dengan mengulangi bacaan-bacaan Alquran. Satu per satu halaman terbaca, tidak lupa setiap mengulang satu halaman, diulang pula bacaan tafsirnya, sehingga kita akan mengerti apa yang kita baca. Ingatkan bahwa jika kita membaca Alquran walau tidak mengerti artinya sudah mendapat banyak pahala, apalagi jika kita mengerti dan mengamalkannya, tentu nilainya akan lebih tinggi.


Sambil membaca Alquran, agar tidak mengantuk dengan sayup-sayup saya setel lagunya Afghan – PadaMu kubersujud

Ku menatap dalam kelam. Tiada yang bisa ku lihat. Selain hanya nama-Mu Ya Allah
[*]
Esok ataukah nanti. Ampuni semua salahku. Lindungi aku dari segala fitnah
[**]
Kau tempatku meminta. Kau beriku bahagia. Jadikan aku selamanya.

Hamba-Mu yang slalu bertakwa
[***]
Ampuniku Ya Allah. Yang sering melupakan-Mu.
Saat Kau limpahkan karunia-Mu. Dalam sunyi aku bersujud
Back to [*][**][***]
Back to [**][***]
Pada-MU

Tidak terasa air mata menetes penuh haru, semoga semua ibadah ini diterima dan mendapat RidhoNya. Amin.

Wass
Adi Prayitno
Pemilik Ar-Rahman Distro (http://arrahmandistro.com/ dan http://arrahmandistro.blogspot.com/ )

Tidak ada komentar: