Senin, 07 September 2009

Malam Nuzulul Qur'an (malam ke 17 Ramadhan)

Assalamualaikum Wr. Wb Adi Prayitno (http://arrahmandistro.blogspot.com/) , bagaimana Ramadhanmu, apa yang telah kamu isi untuk bulan suci Ramadhan ini ?

Adi, semalam merupakan malam Nuzulul Qur'an, yaitu malam mulai diturunkannya AlQuran, tepat di malam ke 17 Ramadhan. Kita sebagai jamaah masjid ditanya oleh Pak Ustat, sudah sampai mana bacaan AlQuran kita, sudah Qatam ? atau baru 20 Juz ? atau 10 Juz ? atau sibuk terus membuat Juz buah setiap hari jadi tidak sempat baca Alquran ? Hehehe pak Ustatnya bercanda.......kemudian dilanjutkan candanya dengan kata-kata "Hari gene belum Qatam ?"

kami perhatikan Adi, banyak jamaah masjid yang menundukan kepala, mungkin maksudnya memikirkan diri ya, apa yang telah dilakukan untuk Ramadhannya. Itu hanya dugaan saja looo, tapi mungkin ada yang malu kepada Ustatnya karena belum berbuat banyak, atau mungkin ada yang merendahkan diri karena sudah Qatam membaca quran berulang-ulang kali.

Adi, secara pribadi saya niatkan sebelum bulan Ramadhan datang untuk full beribadah dan membaca Alquran minimal 2 x Qatam. Untuk itu mohon maaf seribu maaf, kepada semua rekan yang telah mengundang buka puasa bersama, karena niat ini maka saya tidak bisa hadir dalam kegiatan buka puasa bersama. Padahal memang ini sdh menjadi tradisi, setiap ramadhan tidak pernah ada kegiatan buka puasa bersama. Makan malam/siang bersama dilakukan menjelang Ramadhan sambil silaturahmi dan bermaaf-maafan atau nanti setelah Ramadhan sambil merayakan Idhul Fitri. Sempat terpikir juga sih kenapa saya mengecewakan undangan saudara2 untuk silaturahmi buka puasa bersama?, tapi ya itu tadi Niat penuh yang tidak bisa dihalang-halangi. Tapi janji setelah target terpenuhi kita akan segera silaturahmi.

Karena niat penuh tersebut, dan pastinya pertolongan Alloh, diminggu pertama Alhamdulillah sudah dapat qatam. Kaget juga kok bisa ya, percaya atau tidak sepertinya ini bukan perbuatan saya semata, ini pertolongan Alloh. Sujud syukur ku panjatkan padaMu ya Alloh dengan linangan air mata. Terasa jiwa ini reborn, dan memang ini yang diinginkan oleh setiap muslim untuk terlahir kembali putih bersih setelah bulan Ramadhan kembali ke Fitri. Cita-cita reborn ini memang sudah diniatkan, karena seminggu sebelumnya sdh memesan 2 ekor kambing untuk dimasak sebagai tanda aqiqah diri, satu dikirim ke rumah saudara yang mengundang buka puasa bersama, dan satu dikirim ke rumah pribadi untuk dibagikan ke saudara dan tetangga terdekat.

Pembacaan Ayat-Ayat Alquran terus dilakukan disela-sela ibadah harian untuk mencari nafkah bagi anak istri di rumah, ataupun malam hari di rumah sambil menemani anak istri beribadah. Minggu kedua Alhamdulliah target tercapai untuk mengqatamkan Alquran sebanyak 2x. Subahanalloh, Alhamdullah, walaillaha illalloh, wallohu akbar, butiran air mata tanda haru menetes dari sela-sela pelupuk mata. ya Alloh Engkau sedang menunjukkan rahmatMu kepada hambaMu yang penuh dengan khilaf dan Dosa ini, ampuni semua kesalahanku selama ini ya Alloh.

Langkahku benar-benar diringankan, Niat penuhku benar-benar mendapat rahmat Alloh, mungkin ini benar niat baik sudah dicatat sebagai pahala kebaikan. Subahanalloh, hari-hari diluar bulan Ramadhan sangat sulit sekali untuk bangun malam, ternyata Ramadhan ini memberi semangat baru, mudah sekali untuk bangun malam, sholat Tahajut, membaca Alquran, bantu istri menyiapkan makan shahur, dan membangunkan anak2 yang masih sulit sekali untuk makan shahur. Alhamdulillah putriku Ramadhan ini sdh mencoba untuk berpuasa fullday, dan alhamdulillah so far so good, semoga berhasil sampai Ramadhan berakhir.

Target Qatam sudah tercapai, sekarang kegiatan membaca Alquran dilanjutkan dengan membaca kandungan artinya, sempat terbesik di hati kenapa tidak coba mulai kembali menghafalkan Alquran ? Dulu menangis karena belum bisa mengqatamkan Alquran, Alhamdulillah sekarang sudah bisa. Sudah banyak orang yang hafal Alquran yang sempurna ini, inilah salah satu cara Alloh menjaga kemurnian Alquran, tidakkah ingin seperti mereka yang berusaha menghafalkannya ? Hmmmm bisikan hati ini sangat menggoda perasaan.

Kegiatan Ramadhan mulai diperlonggar untuk bersilaturahmi dengan saudara2, dan sudah janji untuk beritikaf bareng2 di Masjid At-Tiin Taman Mini Indonesia Indah. Semoga terlaksana. Amin.

Adi Prayitno, ini sekelumit curhatku dalam mengisi Ramadhan ini, semoga bermanfaat. Sampai ketemu di tulisan yang lain Insya Alloh.

Tidak ada komentar: