Rabu, 20 Juni 2007

10 Penyebab Kegagalan Bisnis

Bulan lalu dalam milis TDA dan dalam blogku http://adi-prayitno.blogspot.com/ telah diuraikan 24 prinsip milyarder yang mencerahkan, dan 15 Cara Menambah Pundi-Pundi Kekayaan. Sekarang mari kita kenali 10 Penyebab Kegagalan Bisnis menurut Alquran dan Sunnah, yaitu :

1. Tidak taat kepada Alloh
“Barang siapa yang berpaling dari taat kepadaKu (Alloh), maka ia akan mendapatkan kehidupan yang sulit…..”(Q.S.Thaha 20:124)

2. Merasa Lemah
Dari Malik bin Nadhlah ra, ia berkata:”Nabi Saw, bersabda:”Tangan itu ada 3 macam, tangan Alloh adalah yang tertinggi, tangan pemberi ada pada tingkat selanjutnya, dan tangan peminta ada pada tempat terbawah. Oleh karena itu, hendaklah kamu memberikan kelebihan kamu dan janganlah kamu membuatdirimu menjadi lemah (malas).” (H.R.Ahmad, Abu Dawud, dan Hakim).

3. Meminta-minta
Nabi Saw bersabda: “Barang siapa menjaga kehormatannya, maka Alloh akan menjagakehormatannya. Barangsiapa mencukupkan dirinya dengan apa yang ada, maka Alloh akan menjadikan dia cukup. Barangsiapa meminta-minta kepada orang padahal ia punya uang setara dengan lima uqiyah, maka sesungguhnya ia telah meminta kebinasaan.” (H.R. Ahmad)

4. Kikir
Dari Asma binti Abu Bakar, sesungguhnya ia berkata:”Wahai Rasulullah, saya tidak mempunyai apa-apa, kecuali yang diberikan Abu Bakar kepadaku, apakah saya berdosa kalaumengeluarkan sedekah dari apa yang diberikan Zubair kepadaku?” Beliau bersabda:”Bersedekahlah kamu menurut kemampuanmu dan jangan kamu kikir kelak Alloh akan kikir kepadamu.” (H.R.Bukhari Muslim)

5. Bersumpah Dalam Jual Beli
Dari Abu Hurairah ra, Nabi Saw bersabda:”Sumpah itu melariskan barang dagangan, tetapi menutup pintu berkah sedikit demi sedikit.”(HR.Abu Dawud)

6. Pergi ke Dukun atau Peramal
Barangsiapa mendatangkan dukun peramal dan percaya kepada ucapannya, maka dia telah mengkhufuri apa yang diturunkan Alloh kepada Muhammad Saw (HR.Abu Dawud).

7.Memakan Makanan Haram
Wahai Sa’ad perbaikilah (murnikanlah) makananmu, niscaya kamu menjadi orang yang terkabul doanya. Demi jiwa Muhammad dalam genggamanNya. Sesungguhnya seorang hamba melontarkan sesuap makanan yang haram ke dalam perutnya maka tidak akan diterima amal kebaikannya selama empat puluh hari. Siapapun yang dagingnya tumbuh dari yang haram maka api neraka lebih layak membakarnya (HR.Athabrani)

8. Tidak Memanfaatkan Kesempatan
Ambillah kesempatan lima sebelum lima : Mudamu sebelum tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, hidupmu sebelum matimu, dan senggangmu sebelum sibukmu (HR.Al-Hakim dan Al.Baihaqi).

9. Menyia-nyiakan Waktu
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran, dn nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran (Al’Ashr 103:1-3).

10. Bangun Siang
Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhannu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan (HR.Athabrani dan Al Bazzar).

Sebagai pebisnis, kita harus menghindari ini semua, agar bisnis kita terus tumbuh ....dan tambah berkah.......
Salam Super.....Fuuuuuntastic...........
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/ .
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416

Tidak ada komentar: