Jumat, 27 Juli 2007

TDA, Haruskah Kita Kaya ?

Bismilahirohmanirohim
Dalam buku Arif Sirsaeba (Berani kaya Berani Takwa), berkali-kali beliau memaparkan kepada kita, bahwa Rasulullah Saw lebih suka bila umatnya kaya-kaya dan takwa-takwa. Rasulullah Saw tidak merasa tabu jika membicarakan soal harta, uang, kekayaan , ataupun materi lainnya, karena kebanyakan kita masih merasa tabu, risih, tidak etis jika berbicara mengenai uang, karena takut dicap materialistis. Apalagi jika masalah uang dikaitkan dengan masalah dakwah ataupun kegiatan agama.

Apakah Rasulullah Saw bersikap materialistis ? Jelas Tidak, tapi Rasulullah sangatlah sadar bahwa perjuangan Islam membutuhkan biaya yang tidak sedikit, pergi haji membutuhkan dana cukup besar, bersilaturahmi ke famili perlu biaya, membangun pesantren dan mesjid butuh dana tidak sedikit, membantu anak-anak tidak mampu perlu biaya cukup tinggi, bahkan sholat kita akan lebih khusu’ jika perut terisi dengan baik, keluarga terpenuh kebutuhannya. Tanpa harta yang cukup sulit kita menjaga kehormatan dalam berdakwa memperjuangkan agama Islam, sehingga jelas perjuangan kita membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Kita prihatin dan malu atas tindakan saudara-saudara kita yang berkeliling (laksana”pengemis”)) mencari dana untuk membangun sarana ibadah, padahal Rasulullah tidak mengajarkan kita “berkeliling” mencari dana untuk membangun masjid, pesantren, panti asuhan sekalipun. Rasulullah bersabda:”seorang pemberi (Tangan Di Atas) itu lebih baik ketimbang peminta-minta (Tangan Di Bawah)”.

Tangan di Atas (kaya bertakwa) itu enak, maka itu berusahalah jangan miskin. Apa enaknya miskin ? Miskin itu berat : berbicara tidak dihargai, barang tetangga hilang kita dituduh mencuri, main ketetangga disangka minta sumbangan, hadir kondangan dikira cari makan enak, bahkan mau jualan makananpun disangka mengemis dan diragukan kebersihan makanannya. Jadi mulai saat ini berjanjilah kita harus maju, kita harus kaya, kita harus makmur.
Rasulullah Saw bersabda: “uang itu laksana buah yang masak lagi lezat, maka bagi siapa yang mengambilnya dengan benar, niscaya ia menjadi pertolongan besar baginya (HR. Muslim dan Tirmizi).

Super…Fuuuuntastic hadist di atas, uang yang diambil dengan benar, halal, apalagi dalam jumlah melimpah, akan mendatangkan pertolongan berlimpah : dapat bayar hutang , hidup tenang, kebutuhan keluarga terpenuhi, dapat bantu saudara / sahabat, bisa berinfak. sedekah, pergi haji, bangun pesantren, bangun panti asuhan, bangun masjid. Kita memperoleh kewibawaan, kehormatan, dan dicintai banyak orang. Islam itu mulia dan elegan, maka harus ditegakan dengan cara-cara mulia dan elegan pula.

Ingat ………..Rasulullah selalu berdoa memohon perlindungan dari kemiskinan dan kekufuran sebanyak 3 kali setiap matahari terbit dan terbenam :””Duhai Alloh! Aku memohon perlindunganMu dari kemiskinan dan kekufuran. Aku juga mohon perlindunganMu dari siksa kubur. Tidak ada Tuhan yang patut disembah melainkan Engkau, Ya Alloh.” (HR.abu Dawud dan Imam Ahmad).
Sebelum tidur Rasulullah menutup hari dengan Doa :” Ya Alloh, lunasilah hutang-hutangku, dan jauhilah aku dari kemiskinan.” (HR. Imam Muslim).

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/ .
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416

Terbayang dipikiran kita, Rasulullah saja berdoa setiap hari semacam ini, bagaimana dengan kita ? Sudahkah kita berdoa semacam ini setiap hari ?, agar pikiran kita terbuka untuk terus maju, terus berjuang menjauhkan kemiskinan dari diri kita, sekitar kita, masyarakat kita, sampai pada akhirnya menjauhkan kemiskinan dari Bumi Indonesia. Ukhhhhhhhhh(mengambil nafas dalam-dalam)...…….cita-cita luhur dari TDA, yang setiap kalimat itu diucapkan bergetar hati kita dan berkaca-kaca mata kita penuh haru. Terus berjuang dan raihlah impian kita.

Salam ssuper…….Fuuuntastic………….

Tidak ada komentar: