Kamis, 05 Maret 2009

TUJUAN, STRATEGI, ACTION YANG AKAN MENGUBAH HIDUP ANDA (3)

Hi Adiprayitno (http://arrahmandistro.blogspot.com/ , http://arrahmandistro.com/ ) !
Senang berjumpa dengan Anda lagi.. !

3. Action
ada pepatah "Action is Power", Action adalah segalanya..
Ya, karena kalau kita banyak ilmu tapi tidak di-praktekkan, akan sama saja dengan tidak banyak ilmu, karena ilmu itu baru ada hasilnya ketika dipraktekkan.

Bila menyangkut suatu skill, misalkan skill penjualan atau leadership, Action ini harus kita ulang-ulang, sehingga itu menjadi Habit/ Kebiasaan. Ada kutipan dari Anthony Robbins (-Pelatih Sukses No. 1 di Dunia-) bahwa Action yang kita lakukan selama 10 hari berturut-turut, akan membentuk menjadi Kebiasaan, sehingga ketika melakukan hal itu lagi di masa yang akan datang, hal itu akan menjadi otomatis karena sudah dibawah sadar/unconsious.

setelah Anda melakukan Action sehingga menjadi Habit, baru Anda mendapatkan hasilnya/ Result.
Jadi, kesimpulannya adalah Tujuan -> Strategi -> Action

btw, ketika kita merencanakan atau melakukan suatu strategi, outcome/hasilnya apa? Ya, ada yang sukses dan ada yang gagal..
Kunci kesuksesan adalah disini..

Sering kali, banyak orang ketika ia mendapatkan kegagalan, lalu ia lakukan strategi itu lagi ternyata gagal lagi, dan ia lakukan berulang-ulang seperti itu terus dan gagal lagi.. ternyata ia menjadi mundur teratur.. tidak semangat lagi..
ia berpikir: ah malas ah.. hasilnya seperti itu lagi, seperti itu lagi..ia menjadi de-motivasi, menjadi down, menjadi patah semangat, menjadi sakit hati karena kegagalan2 itu..

well, seperti kata Albert Einstein: "Hanya orang gila yang melakukan strategi tertentu secara terus-menerus, tetapi mengharapkan hasil yang berbeda".
artinya apa? ya, kalau kita mau hasil berbeda, hasil yang meningkat, kita harus bersedia ubah strategi dan melakukannya lagi. Strategi-nya itu harus fleksibel mengikuti situasi kondisi sehingga tujuan tercapai (tentunya berdasarkan norma2 yang ada).
sebagai contoh, bila kita ingin penjualan banyak atau ingin menjadi milyarder dan ternyata tidak berhasil, maka kita sewajarnya ubah strategi kita, ubah pendekatan kita sehingga tujuan kita tercapai. Memang akan banyak sekali "Ubah Strategi dan melakukannya lagi", namun ini bagian dari proses, karena Menjadi Milyarder bukanlah tujuannya yang harus kita perhatikan, namun prosesnya, karena walaupun misalkan (amit-amit ya :) ), kita kehilangan uang ketika menjadi milyarder, maka kita bisa menjadi milyarder lagi karena kita sudah tahu proses-nya dan tinggal melakukannya sekali lagi..

Karena banyak sekali "Ubah Strategi dan melakukannya lagi", mungkin anda yang bertanya:"apa tidak capek? apa tidak lelah trial & error spt itu terus? ada gak sih cara yang tercepat?" jawabannya: ada.

Ada cara tercepat yaitu dengan belajar dari pengalaman orang lain yang sudah sukses mencapai tujuan kita. belajarnya bisa dari buku seperti buku2 otobiografi, baca sejarah orang sukses, dengar Audio CD, dan ikut seminar/training/workshop..
That's the quickest and the cheapest path..

Orang sukses selalu mengganti kata "gagal" dengan kata "belajar" atau "feedback"misalkan Anda bilang: "saya gagal", maka orang sukses selalu mengganti-nya dengan "Saya belajar", "Saya mendapatkan feedback/umpan balik".
Ya, inilah rahasianya.. sebenarnya memang kita mendapatkan umpan balik dan kita harus belajar dari hal itu..

Ada cerita bahwa Thomas Alfa Edison sebelum menemukan Bola Lampu, ia gagal 9.999 (sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan kali), dan oleh wartawan waktu itu, ditulis dalam headline korannya BESAR BESAR:
"Thomas Alfa Edison telah Gagal 9.999 kali"..lalu hari itu juga, si Thomas langsung Complain dengan wartawan tersebut. Ia bilang: "No... ! jangan bilang 'saya Gagal 9.999 kali', tapi 'Saya menemukan 9.999 cara yang tidak bisa untuk buat bola lampu' "
keren kan jawaban si Thomas.. ? :)
Banyak orang menganggap suatu hal adalah mustahil, hanya karena ia belum pernah menemukan "standar" atau orang yang sudah pernah melakukannya..

Ada satu cerita yang menarik, dan ini adalah kisah nyata..
dulu, dikatakan bahwa "tidak ada orang yang bisa berlari 1 mil dibawah 4 menit"..akhirnya banyak orang percaya hal itu bahkan para dokter dan ilmuwan mempercayai-nya berdasarkan riset, dan hasilnya: tidak ada yang bisa melakukannya.. semua orang yang berlari 1 mil, hasilnya ada yang 4 menit 1,3 detik, ada yang 4 menit 28 detik, ada yang 4 menit 6 detik dan pasti > 4menit..
akhirnya, ada satu anak muda yang agak-agak ngeyel bernama Roger Bannister dari Inggris, yang berkata: "ah masa sih ?? saya mau mencobanya, saya mau melakukannya, saya pasti berhasil.. !"akhirnya ia mencoba juga.. dan seperti kebanyakan strategi, ia pun banyak mendapatkan "feedback"/ bahan pelajaran.. setelah berlatih beberapa jam dalam sehari selama bertahun-tahun, setelah ia mengubah-ubah strateginya..
akhirnya ia berhasil memecahkan rekor berlari 1 mil dengan 3 menit 59,4 detik.. !yang menarik adalah ini.. setelah ia memecahkan rekor tersebut pada tahun 1954,ternyata dalam 1-2 bulan kemudian, ada orang yang berhasil memecahkan rekor si Roger,dan dalam tahun yg sama, ada sekitar 37 orang yang berhasil berlari 1 mil kurang dari 4 menit,bahkan dalam 1 tahun kemudian, ada 300 orang yang berhasil berlari kurang dari 4 menit.. !Wow.. !Apa yang kita bisa pelajari dari hal ini? Hanya karena belum ada orang yang pernah melakukannya, bukan berarti hal tersebut mustahil.. Hanya karena belum ada "standar"nya, bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan..

Sukses adalah "standar" bagi semua orang, sama halnya dengan "berjalan" adalah standard bagi semua orang, maka seorang balita harus bisa berdiri dan berjalan, bahkan berlari karena orang lainpun bisa berdiri, berjalan, dan berlari..

Maka sadarilah bahwa menjadi Milyarder, menjadi Penjual Ulung, menjadi Pebisnis sejati, menjadi Orang Hebat adalah suatu "Standar" di kehidupan kita, karena telah banyak orang yang telah menjadi milyarder, menjadi penjual ulung, menjadi pebisnis sukses, dan menjadi orang hebat.. ! Mereka bisa, kita pun pasti BISA!

Caranya? Temukan Strategi yang jitu, yang proven/terbukti, yang telah membuat mereka mencapai tujuannya,dan ATM-kan hal itu..
Apakah semua orang bisa sukses? Ya, semua orang bisa sukses..kok bisa? ya, karena semua orang punya satu perangkat yang sangat canggih, melebihi kecanggihan komputer Anda..
Ya, perangkat tsb adalah Otak Anda..

Ada satu cerita tentang 2 orang, si A dan si B yang mempunyai komputer dengan merek dan spesifikasi yang sama baik prosessornya, memorinya, kartu grafis-nya, dan semua perangkatnya identik..nah, si A ini, di komputernya bisa menggambar, bisa menghitung, bisa buat surat, bisa kirim2 email, bisa internet-an,dll
tapi di komputer nya si B, hanya bisa main game.. berbagai macam game ada di komputer si B.. dan si B selalu main game tiap hari.. alkisah, hal itu sudah berjalan selama 30 tahun..lalu tiba2 si B ke rumah nya si A, dan melihat komputernya si A..
si B heran dan berkata kepada A : "Kok komputer kamu bisa menggambar ya, komputer saya kok tidak bisa?
kok bisa buka internet ya, kok komputer saya tidak bisa? padahal komputer kita merek & spesifikasinya kan sama.. ? "
Dengan enteng-nya si A bilang: "ya terang aja, kan untuk menggambar, saya install program menggambar, untuk internet-an ada programnya, untuk buat kalkulasi ada programnya juga.. pokoknya tinggal install saja.."

Nah sahabatku, untuk menjadi sukses, yang kita lakukan hanya perlu meng-"install" atau me-masang programnya saja, kalau kita butuh ketrampilan menjual yg lebih baik, ya kita tinggal me-masang programnya saja..
bila ingin lebih sukses lagi, ya jadilah komunikator yang unggul dan pasang program-nya..seperti di film Matrix Revolution, ketika Keanu Reeves (sang "Neo") ingin bertempur melawan musuh-musuhnya, ia hanya perlu bilang ke "Kapal" bahwa ia perlu senjata yang banyak (yang berarti meng-install program), dan akhirnya di-depan-nya ada banyak senjata..begitu pula ketika sang cewek yang bernama Trinity tidak bisa mengendarai helikopter, tapi HARUS bisa..,maka ia bilang kepada "kapal" bahwa ia harus bisa menerbangkan helikopter, dan dalam seketika ia bisa menerbangkannya, dengan menginstall program dari kapal.. Namun sayangnya, saat ini belum ada teknologi utk mem-program otak secara langsung seperti film Matrix tersebut ataupun seperti menginstall program komputer lewat CD.. :). Kalau sudah ada, wah pasti laris manis tuh.., pencipta-nya pasti kaya :).

Tapi, untungnya, kita memiliki otak yang sama seperti orang2 yang sudah sukses..Otak kita ini sangat canggih, lebih canggih daripada komputer kita karena ada penelitian bahwa otak kita ini jumlah selnya adalah 10 milyaran sel, dimana setiap sel adalah satu komputer..yang berarti otak kita mengandung 10 milyaran komputer..jadi, kita bisa belajar dari orang2 sukses tersebut, berteman & ber-diskusi dengannya, membeli buku2nya,belajar dari training nya yang berupa seminar2 ataupun workshop2..

Jadi, lakukan Tujuan -> Strategi -> Action..dan Sukses Menanti Anda.. Adi Prayitno!Ok, demikian artikel pencerahan kali ini..Saya berdoa agar Anda Adi Prayitno http://arrahmandistro.blogspot.com/, http://arrahmandistro.com/ bisa mencapai Tujuan2nya dengan cepat. Amin.

1 komentar:

WURYANANO mengatakan...

Salaam...mas Adi,
Bagaimana kabarnya? Bisnis makin lancar maju pesat kan.

Salam Sukses Penuh Berkah dari Surabaya,

Wuryanano
Motivational Blog - Support Your Success
Entrepreneur Campus - Support Your Future