Kamis, 24 April 2008

MENGATUR JADWAL KERJA



Sepertinya kalimat ini sepele banget, tapi dalam prakteknya sangat sulit mengaturnya di keterbatasan waktu, apalagi bagi kita yang masih Amphibi (bekerja di perusahaan orang lain dan mengelola usahanya sendiri).

Berikut ini alternatif kiat mengatur jadwal kerja yang disarankan rekan saya yang telah sukses dalam mengatur waktunya, semoga bermanfaat :

1. Buat Jadwal Harian
Jadwal harian selalu dilakukan rekan pada malam hari sebelum tidur atau setelah bangun di pagi hari. Daftar ini berisi hal-hal yang diinginkannya untuk menyempurnakan hari-harinya, tetapi daftar tersebut harus berdasarkan prioritas mengenai tugas yang harus dikerjakan dan yang bisa menunggu. Dibuatnya huruf A untuk hal-hal yang penting dikerjakan, B tugas sehari-hari tapi penting diselesaikan, dan C untuk kewajibannya.

2.. Bekerja Sesuai ABC
Dalam benak rekan saya setiap hari selalu bertanya :”Apa yang harus dikerjakannya hari ini ? Untuk menjawabnya ia selalu melihat daftar A, kemudian bergerak ke daftar B dan C, tetapi diingatkan bahwa seseorang tidak selalu mampu menyelesaikan semua tugas dalam satu hari. Sehingga kita harus realistis dalam membuat jadwal kerja dan manajemen waktu dikemudian hari.

3. Tulis Jadwal Teratur
Penulisan ini tergantung bagaimana prioritas kita, tapi setidaknya catatan ini dibuat dalam satu berkas, termasuk juga tugas harian ataupun kebiasaan-kebiasaan lainnya seperti menjawab panggilan telepon usai makan siang. Dengan teraturnya jadwal yang kita buat, akan bisa membantu kita menghindari lompatan dari satu tugas ke tugas lainnya.

4. Prioritaskan Anak-anak
Memang tidak mudah, tetapi jika kita memiliki pekerjaan lain disamping usaha kita sendiri, jadikanlah anak-anak sebagai prioritas kita, sehingga kita bisa mengawasi anak-anak sambil mengerjakan tugas-tugas pekerjaan kita.

5. Manfaatkan Teknologi
Teknologi yang ada kini, seperti internet sebetulnya merupakan anugerah yang bisa membantu kita dalam mengatur jadwal bisnis kita.

6. Manfaatkan Kekosongan Waktu
Waktu-waktu kosong diantara pertemuan-pertemuan dengan klien, kita bisa manfaatkan internet untuk menyapa rekan-rekan bisnis kita, atau dengan laptop meng update status proyek terakhir kita, sehingga bermanfaat mengurangi tugas harian kita.

7. Manfaatkan Kekuatan Kita
Jika kita suka bangun pagi, suasana pagi yang masih fress setelah sholat subuh dapat kita manfaatkan untuk berdoa, berzikir dan merenung, membuat hal-hal kreatif seperti desain brosur atau membuat business plan.

8. Konsentrasi
Jika kita sedang konsentrasi pada tugas dan bisnis kita, haruslah tetap focus.

9. Beristirahatlah.
Kita tidak perlu memeras tenaga dalam mejalankan bisnis sejak subuh hingga dini hari. Masukan jadwal untuk beristirahat meski sekedar jalan-jalan bersama anak-anak ke Mall atau nongkrong di café. Sikap relaks akan mengembalikan emosi kita untuk kembali bekerja.

Semoga Tambah Sukses selalu.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/ .
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/

Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416156

Tidak ada komentar: