Minggu, 01 Maret 2009

TUJUAN, STRATEGI, ACTION YANG AKAN MENGUBAH HIDUP ANDA (1)

Hi Adi Prayitno (http://arrahmandistro.blogspot.com/ , http://arrahmandistro.com/ ) !
Senang berjumpa dengan Anda lagi.. !

Tak terasa sudah bulan maret, oleh karena itu kita harus mempercepat langkah kita untuk mencapai cita-cita kita karena sudah 3 bulan kita melangkah.

Pada kali ini, saya ingin mensharingkan satu topik, dan topik ini saya pelajari dari hasil mengikuti beberapa seminar, workshop, dan program-program..
dan Thanks God (baca Alhamdulillah), ketika sy praktekkan, pelajaran ini mengubah hidup saya..menambah pendapatan saya..

Pelajaran ini adalah yaitu:
Tujuan -> Strategi -> Action

1. Tetapkan Tujuan Anda
Banyak orang ingin sukses, banyak orang ingin kaya, banyak orang ingin menjadi milyarder, banyak orang ingin banyak menjual, namun lupa bahwa seharusnya ia menetapkan tujuan terlebih dahulu sebelum melangkah.

Pernahkah Anda pada suatu hari libur, memutuskan untuk berlibur dan bersenang-senang bersama keluarga, namun tidak tahu dengan pasti: mau pergi kemana ya?
akhirnya kita berputar-putar tanpa tujuan, tidak tahu mau kemana..
nah, sama halnya dengan itu, banyak orang ingin sukses tapi tidak tahu mau sukses seperti apa, mau kaya seperti apa, mau banyak menjual sampai berapa banyak, mau profit dari bisnis berapa rupiah/tahun, dll

Maka dari itu, saya belajar bahwa kita perlu menetapkan Tujuan kita, apapun tujuan kita masing-masing. Btw, Tujuan itu harus mencakup S.M.A.R.T
S=> Spesific
M=> Measurable
A=> Attainable
R=> Realistic
T=> Time oriented

Spesific, maksudnya kita harus spesific dan detail, mau Goal/ Tujuan seperti apa, bila menyangkut pendapatan, mau berapa rupiah per bulan.

Measurable, maksudnya adalah progressnya harus bisa diukur setiap waktu tertentu, misalkansetiap bulan.

Attainable, maksudnya Tujuan kita adalah bisa dicapai, bisa dilakukan, bisa diperoleh..

Realistic, maksudnya Tujuan kita harus masuk akal, dan tidak muluk2, dan tidak terlampau jauh melompat dari posisi kita saat ini.
misalkan saat ini, penghasilan/penjualan anda puluhan juta/bulan, maka bukan merupakan sesuatu yang muluk2 kalau Goal Anda adalah ratusan juta/ bulan, bahkan milyaran/ bulan dalam beberapa tahun mendatang.

Time Oriented, maksudnya Goal Anda mau dicapai kapan dan ada tenggat waktunya,misalkan per tanggal 31 januari 2010, saya mau penghasilan bersih saya 100 juta/bulan,

Sampai sini dulu ya Adi Prayitno http://arrahmandistro.blogspot.com/ , http://arrahmandistro.com/, silakan pelajari dan renungkan, nanti kita sambung kembali.

Tidak ada komentar: