Senin, 04 Juni 2007

PRIORITASKAN PENDIDIKAN ANAK

Bismillahirrahmanirrahim,
Prioritas dalam pengelolaan keuangan keluarga kita apa ya…….?
Investasi untuk pendidikan anak atau investasi untuk pengembangan kekayaan ?

Dengan semakin mahalnya biaya pendidikan bagi anak-anak kita, terutama bagi pendidikan berkualitas tinggi, investasi bagi pendidikan anak merupakan prioritas yang paling utama bagi keluarga kita.

Pertimbangan paling awal adalah memiliki rumah terlebih dahulu, karena di rumah kita akan dapat memantau perkembangan anak-anak dari hari ke hari, dapat beribadah, dapat menjadi tempat pengelolaan keuangan keluarga kita, atau menjadi kantor pusat seluruh bisnis kita.

Fokus investasi selanjutnya setelah memiliki anak dan rumah adalah pendidikan anak.
Mumpung anak-anak kita masih kecil. Kita harus menghitung berapa biaya yang akan kita keluarkan untuk pendidikan anak-anak untuk 20 tahun ke depan. Apalagi bila kita menginginkan anak-anak minimal memiliki pendidikan S2 (Pasca Sarjana/Master) atau lebih tinggi. Terbayanglah berapa kita harus memback up keuangan kearah cita-cita keluarga kita.

Untuk memenuhi cita-cita keluarga itu, mulai sekarang kita harus menabung (Lihat tulisan “Menabung Yuk……..dan terus Bisnis Yuk……”).
Jumlah uang yang diperlukan untuk pendidikan anak 20 tahun harus memperhitungkan inflasi .

Selain untuk investasi pendidikan anak, kita juga harus mengalokasikan dana untuk persiapan hidup di masa tua. Untuk itu perlu menyisihkan dana untuk financial asset seperti Deposito, reksa dana dan saham, serta non financial dana seperti property.

Untuk mengalokasikan dana, kita harus memiliki strategi. Mula-mula menetapkan target return tertentu, baru kemudian sesuaikan alokasi asset, Bila tidak memungkinkan karena penurunan tingkat bunga atau penurunan bisnis, kita harus menyesuaikan target return kita.

Investasi pada Deposito tidak menghasilkan return yang optimal. Umur kita yang masih muda , masih memiliki peluang untuk mentolerir resiko yang lebih tinggi dan memiliki waktu yang sangat panjang, lebih baik dana untuk deposito diinvestasikan ke lahan yang sedikit lebih beresiko sehingga akan memberikan hasil yang optimal.

Dalam investasi perlu dilakukan diversifikasi, karena akan menebarkan resiko. Bagi kita yang berlatar belakang financial dan agribusiness, diversifikasi tidak jauh dari financial asset dan Agricultur product business.

Untuk pengelolaan Cash flow ini sangat penting, dan kita harus menyisihkan dana dalam jumlah yang cukup, terutama untuk pengeluaran rutin sehari-hari. Cashflow ini tidak harus disimpan di rumah atau tabungan bank, tapi dapat dalam bentuk investasi reksa dana pasar uang yang dapat ditarik sewaktu-waktu (H+1).
Pemenuhan kebutuhan jangka pendek selain kebutuhan sehari-hari sebaiknya menggunakan kartu kredit, tapi harus membayar seluruh tagihan tepat waktu agar tidak menanggung bunga yang terlampau tinggi. Penggunaan kartu kredit diperlukan agar kita dapat mengontrol pengeluaran secara teratur. Usahakan limit kartu kredit jangan terlampau besar agar kita dapat membatasi pengeluaran hanya untuk hal-hal yang penting

Proteksi asuransi sangat diperlukan kita, terutama asuransi untuk pendidikan anak-anak sampai ketingkat sarjana, sebab ketika kita tidak bisa bekerja /berinvestasi/ berbisnis secara produktif atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka asuransi akan mengcover kebutuhan pendidikan anak-anak kita.

Didik anak-anak sejak kecil dengan segala ilmu yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak di dunia dan diakhirat. Ingat masa depan mereka ada ditangan kita orang tuanya, dimana pada masanya akan lebih complicated dari masa kini. Pendidikan formal (Sekolah), Pendidikan Agama (Iqro), Pendidikan Olah Raga (Karate, senam), Pendidikan Ketrampilan (Bahasa Inggris/mandarin), Pendidikan seni (Musik, melukis), Insya Alloh menjadi pegangan bagi kehidupan anak kita dikemudian hari.

Jadi sekalilagi prioritaskan pendidikan anak-anak. Semoga perjuangan kita untuk mendapatkan anak-anak yang sholeh dan berkualitas dapat tercapai. Amin

Tulisan ini agar dapat menjadi cermin pribadi.

Salam Super Fuuuntastic.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/ .
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416

Tidak ada komentar: