Jumat, 11 Januari 2008

Kunci Sukses Kepemimpinan


Beberapa bulan lalu, saya dikirimi beberapa majalah Para Profesional dan Pebisnis "Lifestyle" oleh sahabat, dengan catatan :”majalah ini sepertinya cocok untukmu, semoga sukses.”

Senang sekali saya menerimanya, tapi satu dan lain hal baru minggu ini dapat membacanya, dan yang paling menarik dari beberapa halamannya adalah Topik yang berjudul “Kunci Sukses Kepemimpinan. Saya rasa topik ini juga cocok bagi rekan sekalian, karena topik ini membahas bagaimana seseorang dihormati dan diteladani oleh karyawan perusahaannya, rekan bisnis dan juga pesaingnya, serta apa sebenarnya rahasia menggapai keberhasilan memimpin dan membangun bisnis. Sekelumit ringkasan kunci sukses tersebut saya sajikan disini :

1. Kenali Bisnis yang ditekuni
Mengetahui dengan benar bisnis yang ditekuni adalah kunci dalam memimpin perusahaan dengan efektif. Seorang pemimpin perusahaan perlu memiliki pengalaman dan ketrampilan bisnis yang lateral. Jadi akan lebih baik bagi seorang pemimpin jika kita memiliki pengalaman lapangan lintas fungsi bisnis, yaitu lebih dari satu fungsi bisnis, misalnya marketing dan finance atau human resources dan marketing. Dengan demikian kita bisa melihat perusahaan dan masalah yang dihadapinya secara lebih komprehensif. Keputusan yang diambilpun bisa menjadi lebih tepat dan berbobot.

2. Kecocokan Management Style dengan Corporate Culture
Kecocokan ini syarat lain manager. Tanpa adanya kecocokan antara management style dan Corporate Culture maka seorang manager tidak akan mendapatkan dukungan. Inilah yang menjadi landasan dalam merekrut SDM dan tokoh-tokoh kunci di perusahaan kita.
Management style merupakan ciri yang melekat dalam diri seseorang, tidak bisa dipalsukan. Jika ada kecocokan dengan corporate culture, maka tidak akan ragu untuk mengundang calon manager/ pemimpin tersebut untuk bergabung.

3. Monitoring bukan Mentoring
bawahan memiliki gaya mereka sendiri, sehingga akan sulit bagi seorang manager untuk melakukan mentoring guna mengubah gaya mereka atau guna meminta mereka meniru gaya managernya.
Yang perlu dilakukan seorang pempin adalah menyampaikan dan menunjukan arah dan tujuan yang mereka ingin capai, selanjutnya manager bisa memberi kesempatan kepada karyawan untuk memacu kreatifitas mereka dalam mencari jalan untuk mencapai tujuan yang telah ditunjukkan.
Dalam proses mencapai tujuan, manager perlu melakukan monitoring secara ketat, sehingga jika karyawan agak melenceng bisa langsung terlihat dan bisa langsung diarahkan untuk kembali ke jalur yang tepat.

Dengan menerapkan tiga kunci sukses ini, seorang manager akan mudah memimpin perusahaan, luwes dan dapat mengeluarkan perintah pada karyawan tanpa membuka peluang komplik.

Setuju dengan pendapat ini ? Silakan mencoba.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/ .
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416156

Tidak ada komentar: