Senin, 12 Mei 2008

BELAJAR PEMASARAN


Persaingan pasar memang sudah semakin sengit, khususnya di industri retail-hypermarket dan industri Fast moving consumer goods, coba kita perhatikan persaingan di pusat grosir pakaian muslim dan garmen Tanah Abang. Jika kita lihat di industri telekomunikasi (handphone) persaingan sengit juga terjadi baik di principal merk ponsel sampai operator telekomunikasi. Persaingan juga terjadi pada industri otomotif dan industri teknologi informasi.

Sebagai pemilik usaha atau praktisi manajemen perusahaan harusnya kita mulai waspada akan kondisi ini. Kita harus berpikir praktis, taktis dan strategis, bukan hanya konseptual dan teori dahsyat, tapi diperlukan action dahsyat.

Jelas sekali bahwa saat kini kita sangat memerlukan marketing, branding, dan positioning agar kita memenangkan persaingan di pasar (tidak hanya mindshare, tapi spaceshare, bahkan walletshare).

Persaingan pasar semakin tajam, sehingga perlu berbagai tindakan strategis dan taktis yang punya keakuratan dan pertimbangan tinggi, tapi bisa dibuat dengan cepat. Untuk itu diperlukan informasi dan data akurat dari sumber terpercaya.

Bila data telah terkumpul, maka kita mulai memikirkan strategi pemasaran yang tepat, branding yang baik, positioning yang baik, dan menjadi top of mind artinya bisa mendominasi mindshare /spaceshare/ walletshare.

Untuk mencapainya, kita harus punya strong brand dan brandvalue yang tinggi, serta membangun komunitas yang terus menerus, membangun mata rantai berkesinambungan antara pemasok-distributor-peritail-pengguna-pihak terkait. Jadi branding dan marketing dilakukan berkesinambungan agar tercapai brand yang kuat dan positif.

Brand yang kuat
- Meningkatkan harga pasar
- Lebih memudahkan untuk memperkenalkan produk-produk baru.
- Meningkatkan kemampuan menarik/mempertahankan karyawan/mitra bisnis berkualitas.
- Membantu saat perekonomian menurun.

Nilai dari sebuah brand
- Menciptakan standar / preferensi.
- Membangun keperdulian (awareness)
- Mudah menjangkau patner, distributor, reseller/pelanggan
- Menunjukkan kepemimpinan di dalam bisnis.
- Mempengaruhi pola pembelian.
- Menciptakan nilai bagi sebuah kemitraan
- Menunjukkan komitmen, kompetensi, dan kualitas yang kuat.
- Mengangkat mitra kecil menjadi lebih feasible dan credible.
- Bisa kolaborasi / co-branding yang saling menguntungkan.

Tipikal sebuah brand dari :
- Warna
- Logo
- Ketenaran
- Branding sendiri bisa menciptakan suatu perasaan positip bahkan sampai mendarah daging.
- Pengguna brand merasa sebagai pemenang, terbaik, high profile.
- Semua orang membicarakannya dalam komunitas.

Semoga bermanfaat. Mari terus berjuang meraih dan menikmati kesuksesan dengan penuh syukur.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/.
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.
http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416156