Rabu, 20 Agustus 2008

Bagaimana Memberi Nama Distro

Minggu lalu ada email masuk kepada saya yang isinya menceritakan bahwa dalam waktu dekat penanya akan membuat Distro, tetapi bingung bagaimana memberi nama terhadap distronya?

Sebenarnya kami pribadi sangat tidak berhak untuk menjawab pertanyaan ini, karena Distro yang kami kelola masih sangatlah muda mungkin boleh dibilang masih balita, kecil, dan tidak sebanding dengan raksasa-raksasa Distro yang telah jatuh bangun mengenyam pahit, asin, manisnya usaha garmen di Indonesia. Alhamdulillah yang kami tahu sebagai balita adalah kebahagiaan, kemanisan, dan semangat hidup untuk terus berkembang dan belajar dari pengalaman hidup pendahulu kami para raksasa garmen.

Dalam hati kami kagum sekali dengan penanya. Sebagai pemula di bidang usaha garmen umumnya permasalahan yang timbul adalah bagaimana mendapatkan Modal (price), Lokasi Bisnis (Place), Supplier (Product), dan bagaimana Promosinya (Promotion) atau yang sering disebut orang sebagai Marketing Mix. Tetapi nampaknya penanya sudah siap akan semua permasalahan tersebut, sehingga yang dipermasalahkan adalah bagaimana memberi nama Distronya. Memang Brand Distro memegang peranan penting dalam suatu usaha khususnya Distro.

Dengan perasaan takut salah kami menjawabnya sebagai berikut. Dalam memberikan nama terhadap usaha Distro tergantung segmen pasar yang akan dibidik, apakah segmen pasarnya untuk anak muda / ABG, masyarakat umum atau kalangan muslim. Kami menyarankan agar pemberian nama yang sebisa mungkin akan membuat calon konsumen bersemangat untuk datang, melihat, membeli dan mempromosikan produk kita ke para konsumen lainnya. Agar mudah dikenal sebaiknya gunakanlah nama pemilik atau nama orang terdekat yang mudah dikenal oleh para konsumen dan memiliki nilai arti terbaik.

Pendirian dan kepemilikan Distro laksana kita memiliki bayi baru, kita harus perhatikan perkembangannya dari waktu ke waktu. Bila diawal kelahiran masih diam ditempat, perlahan-lahan kita bantu agar bisa merangkak, bila sudah bisa merangkak. Kita bantu lagi agar bisa berjalan dan seterusnya kita bantu lagi agar bisa berlari. Kalau sudah lari kencang tetap harus kita perhatikan terus agar tidak jatuh di jalan. Nama memang mencerminkan tujuan dan misi pemiliknya terhadap bidang usahanya (Distro). Seperti juga dalam pemberian nama terhadap bayi, kita harus memberikan nama terbaik terhadap bayi kita, agar namanya menjadi doa yang kita panjatkan selama hidup, dan nama ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Sebagai contoh AR-RAHMAN DISTRO, The Elegance Muslim Fashion. Nama ini terbentuk dari kedua nama anak kami Rahman dan Rahma, yang juga merupakan sebutan manis kami saat berdoa kepada Alloh yaitu Ar-Rahman yang artinya maha pengasih, dengan maksud Alloh akan mengasih / memberikan rejekiNya kepada kami dari sisi yang tidak pernah kami sangka-sangka. Untuk menunjukan bahwa nama ini adalah Distro yang seqmen pasarnya kalangan muslim kami menambahkan kata-kata menarik sebagai motto kami yaitu The Elegance Muslim fashion..

Di awal pendirian seperti telah kami tulis pada tulisan terdahulu dengan judul “Tujuan Mulia berbisnis Pakaian Muslim”, kami ingin memasyarakatkan pakaian muslim di kalangan Anak dan Remaja Muslim. Pertama-tama masih diam ditempat, sebagai pemilik kami membantunya dengan menyebarkan brosur Distro penuh gambar pakaian yang kami koleksi ke berbagai tempat strategis, perlahan-lahan Distro kami sudah mulai merangkak. Kemudian kami bantu lagi dengan promosi di mass media, ternyata perlahan-lahan Distro kami sudah mulai berjalan. Sebagai Distributor Jakarta untuk produk Excellent64 (http://excellent64.blogspot.com/) , Keisha-Shasha (http://keisha-shasha.blogspot.com/) , SEFA, At-Tifla, dan agen produk Annida, Ghian, Permata, Robbany, dan memasarkan berbagai merk produk lainnya, kami masih menikmati perjalanan ini. Sekarang merk produk kami sudah sampai hampir keseluruh Indonesia dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, bahkan walau masih dalam jumlah terbatas permintaan merk ini sudah sampai ke Singapore, Malaysia dan Australia.

Untuk memperlancar perjalanan ini, dan untuk lebih memperkenalkan semua merk produk yang kami jual, mulai bulan lalu (juli 2008) kami meluncurkan web: http://arrahmandistro.com/ . Alhamdulillah sambutan dan pesanan rekan-rekan daerah sudah mulai berdatangan untuk pembelian grosir. Walau margin keuntungannya tipis, semoga kelancaran ini terus berkesinambungan sepanjang tahun. Amin

Demikian penjelasan singkat kami, semoga bermanfaat. Selamat datang di dunia Distro (garmen), tetap sabar dan semangat. Semoga sukses selalu menghampiri semua usaha kita. Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion. http://arrahmandistro.com/ dan http://arrahmandistro.blogspot.com/.
Distributor Pakaian Muslim
Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/,
Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/,
SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/,
At-Tifla, The First Islamic Educational T-Shirt for kids.
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.
http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416156