Kamis, 21 Agustus 2008

Perang Harga Dalam Pemasaran Pakaian Muslim.

Dalam kondisi perekonomian dunia yang melemah ini, perang harga terjadi di berbagai bidang usaha. Sewaktu Adam Air masih beroperasi perang harga terjadi di bidang usaha tiketing pesawat terbang, sehingga harga tiket pesawat terbang sangatlah murah, tentu saja yang diuntungkan dan dimanjakan adalah konsumen. Di bidang telekomunikasi perang harga juga terjadi antara satu merk handphone dengan lainnya, antara satu operator telekomunikasi dengan operator lainnya. Tentu yang diuntungkan konsumen.

Perang harga juga terjadi menjelang Ramadhan dan Idhul Fitri di Pusat Grosir Pakaian Muslim di Tanah Abang. Tidak hanya di Tanah Abang, perang harga terus terjadi di pusat perbelanjaaan di seluruh kota-kota besar di Indonesia dengan memberikan diskon sangat besar mencapai 70% selama masa Jakarta Great Sale (dari tanggal 27 Juni s/d 27 Juli 2008 lalu) . Bahkan kini konsumen dapat membanding-bandingkan harga satu produk dengan produk lain yang sejenis.

Beberapa waktu lalu penulis yang merupakan Distributor pakaian muslim anak Keisha- Shasha (http://keisha-shasha.blogspot.com/ ) mendapat telepon dari seorang ibu yang akan memesan produk ini yang dianggapnya lebih murah dari produk lain yang sejenis. Sewaktu kami sampaikan syarat-syarat pembeliannya yaitu pembelian pertama minimal 1 lusin dengan diskon 25%, 2 lusin diskon 30%, dan 3 lusin 35%. Ini pembelian awal, setiap bulannya bisa membeli setengahnya dengan diskon yang sama. Ibu tersebut menawar,:”Bisa tidak kita mendapatkan diskon 40% seperti produk lain (ibu tersebut menyebutkan mereknya)”.

Kita menjawabnya :” Bila ibu memegang produk-produk kita, dapat dibandingkan antara kualitas model, bahan, dan jahitannya dengan produk lain sejenis. Produk kita harganya sudah dibandrol sangat murah dibandingkan produk lain yang harganya jauh lebih tinggi. Coba diperhatikan dengan kualitas produk dan harga saat kini, jika harganya sama dengan produk lain, mungkin kita bisa memberikan diskon ke Agen/reseller yang besarnya 40% bahkan bisa mencapai 50%. Tetapi itu tidak kita lakukan, karena kita kasihan kepada konsumen akhir harus menanggung biaya yang terlampau besar untuk menikmati pakaian Keisha-Shasha. Kita memiliki tujuan mulia bebisnis pakaian muslim ini, sehingga kita memiliki margin keuntungan yang kecil untuk menutupi biaya operasional. Kami mengharapkan Agen dan reseller juga memiliki tujuan mulia yang sama.”

Mendengar jawaban kami penelpon masih merayu agar bisa mendapatkan diskon 40%, tetapi kita tetap pada keputusan untuk memberikan maksimum diskon sebesar 35% kepada para Agen. Kami sarankan kepada penelpon jika menginginkan diskon hingga 40% maka pilihlah produk kami dengan merek EXCELLENT64 (http://excellent64.blogspot.com/ ) atau merk SEFA (http://sefacollection.blogspot.com/ )

Mungkin ini salah satu contoh perang harga diantara penjual pakaian muslim di Indonesia, dengan memberikan diskon besar kepada konsumennya. Memang sekali lagi konsumen yang diuntungkan. Sekarang berpulang kepada pilihan konsumen. Apakah konsumen akan memilih diskon besar dengan harga jual tinggi, atau memilih produk kami dengan diskon rendah dengan harga terjangkau untuk kualitas, model, bahan dan jahitan berstandar tinggi.

Sekali lagi biarlah konsumen memilih sesuai dengan selera dan kemampuannya sendiri. Masing-masing produk sudah memiliki pangsa pasarnya sendiri-sendiri, sekarang tugas kita tinggal melayani sebaik mungkin semua orderan yang datang agar kebutuhan konsumen akan pakaian muslim anak, remaja, dan dewasa dapat terpenuhi dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion. http://arrahmandistro.com/ dan http://arrahmandistro.blogspot.com/.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/, Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/, At-Tifla, The First Islamic Educational T-Shirt for kids.
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.
http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416156

Tidak ada komentar: