Senin, 03 September 2007

Masa Depan Harus Lebih Baik

Bismilahirahmanirohim
Manusia pasti ingin hidup tenang dan nyaman. Tenang maksudnya tidak ada kebutuhan mendesak yang belum terpenuhi sehingga mengganggu pikiran, sedang nyaman maksudnya memiliki dan menikmati segala kemudahan dan hal yang menyenangkan. Sebagai Umat Islam hidup tenang dan nyaman dapat kita peroleh dengan melaksanakan seluruh kegiatan ibadah wajib maupun sunnah. Tetapi dalam kehidupan di dunia, salah satu ukuran hidup tenang dan nyaman, disamping memiliki kemudahan untuk beribadah, keluarga yang memiliki cukup uang cenderung lebih tenang dan nyaman, karena kita dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga, bahkan menikmati kemudahan yang menyenangkan.

Memang kriteria kecukupan sangatlah relative antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. Keluarga sholeh yang berpenghasilan dibawah Rp 5 juta per bulan kemungkinan sudah cukup memenuhi kebutuhannya, sedangkan keluarga yang berpenghasilan lebih dari Rp. 50 juta per bulan masih saja merasa kurang malah berusaha untuk sikut kiri sikut kanan (baca korupsi).

Anthony Robbins membagi kondisi keuangan keluarga dari financial protection (perlindungan keuangan) hingga financial freedom (kebebasan keuangan). Perlindungan keuangan maksudnya kondisi dimana seseorang memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhannya selama dua bulan hingga dua tahun tanpa harus bekerja. Semakin lama dia dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus bekerja berarti semakin baiklah kondisi keuangannya. Dengan memiliki banyak investasi yang aman, dan hasinya mencukupi kebutuhan gaya hidupnya tanpa harus bekerja, maka orang tersebut telah mencapai kondisi kebebasan financial.

Kondisi keuangan keluarga tergantung pada pendapatan dan pengeluaran. Semakin tinggi pendapatan jauh melebihi pengeluaran, tentu semakin baik kondisi keuangan keluarga. Sayangnya banyak keluarga yang kondisi keuangannya tidak seperti ini, dimana muncul kebutuhan padahal dananya belum tersedia, sehingga akan muncul 2 pilihan yaitu utang dahulu sejumlah dana yang dibutuhkan dan melunasi kemudian, atau mengumpulkan dana dahulu sampai dana cukup baru membeli barang yang diinginkan.

Sebaiknya cara kedua yang diterapkan oleh kita yaitu dengan menunda kesenangan. Jika kita mau menunda kesenangan, mengumpulkan dana , menginvestasikannya kembali sehingga berlipat ganda, pada akhirnya kesenangan yang diperoleh juga berlipat-lipat ganda.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar nilai uang berkembang. Perhatikan tujuan investasi kita apakah jangka pendek atau jangka panjang. Setiap instrumen investasi mengandung resiko, semakin kecil resiko hasilnya juga kecil, makin besar resiko hasilnya juga besar. Investasi yang baik harus memberi hasil yang lebih besar dari inflasi sehingga nilai uang kita akan bertambah.

Disamping melaksanakan bisnis, pembelian property, reksa dana, ada baiknya kita diversifikasi dana dengan membeli ORI 003 .

Kenapa ORI 003 ?……. bersambung

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/ .
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/

Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416

Tidak ada komentar: