Kamis, 17 Juli 2008

Motivasi Berbisnis Rekan Pemula di Daerah

Kembali lagi di Jakarta dengan kemacetan lalu lintas disana-sini, sehingga ada lelucon, jika Jakarta macet berarti keadaan aman terkendali, tapi bila jalan di Jakarta lenggang berarti keadaan Jakarta mencekam. Lelucon tersebut nampaknya masuk akal juga sih.

Sangat membanggakan dari beberapa kali perjalanan ke daerah, ternyata banyak sekali rekan-rekan yang mulai termotivasi untuk mulai melakukan usaha, tidak masalah apakah usaha itu merupakan usaha kecil rumahan ataupun usaha menengah. Dalam setiap pertemuan dengan rekan-rekan sering kali pertanyaan utama yang mereka sampaikan adalah ” Bisnis apa anda sekarang?”, kemudian berlanjut dengan diskusi bisnis lainnya. Ternyata kami semua mulai sadar bahwa karir pekerjaan yang kita miliki setinggi apapun jabatannya tidak pernah selamanya menjadi pegangan kita, hanya usaha kitalah yang akan menghibur dan continue menjadi kegiatan kita di masa depan.

Memang mungkin pekerjaan sekarang menyenangkan kita, karena sesuai dengan bidang keahlian kita, dimana kita punya banyak kesempatan bertemu banyak orang ahli dibidangnya, kita dapat berdiskusi dengan mereka, dan mendapatkan banyak ilmu dari mereka. Tetapi pekerjaan dan kegiatan yang kita jalani selama ini umumnya hanya berlangsung sampai umur kita 60 tahunan. Padahal diumur sekian kita masih produktif, dan kita masih butuh banyak kegiatan untuk mengisi hari-hari kita yang sangat indah.
Untuk itu kami sepakat untuk memulai bisnis pribadi di luar kegiatan bisnis pekerjaan kita, asalkan tidak mengganggu kegiatan satu sama lain.

Sedikit banyak kegiatan usaha pribadi yang kita jalani selama ini tidak lepas dari motivasi bisnis yang diberikan oleh Robert T.Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad Poor Dad, Cash Flow Quadrant, Rich Dad Guide to Investing, dan banyak buku motivasi bisnis lainnya, bahkan rekan-rekan bisnis Tangan Di Atas memberi saran kepada kita semua yang masih karyawan (tangan di bawah) agar menjadi business owner atau investor bisnis (tangan di atas). Banyak yang bisa kita lakukan bila kita menjadi business owner, waktu kita selalu dapat kita manfaatkan penuh memikirkan masa depan bisnis dan karyawan kita.

Motivasi bisnis tersebut secara langsung menjadi magnet tersendiri bagi para profesional yang ingin sukses dalam berbisnis, bahkan dengan motivasi itu banyak karyawan yang ingin berhenti bekerja dan lebih asyik mulai berbisnis ria. Apalagi saat ini hasil pendapatan dari perbankan baik itu tabungan, deposito atau produk perbankan lainnya tidak menjanjikan, demikian pula dengan reksa dana, nilai saham merontok, sehingga modal yang dimilikinya sekecil apapun harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Banyak rekan yang sudah memiliki modal dan perencanaan yang cukup, ada yang mempunyai modal cukup tetapi masih bingung ingin diapakan modal dana tersebut, ada yang baru mempunyai ide dan semangat tetapi tidak memiliki modal dana mencukupi.

Umumnya bagi kita sebagai pemula, modal dijadikan kendala dalam berbisnis. Permasalahan ini lumrah sekali terjadi, tetapi dengan modal keberanian menghadapi resiko, modal sekecil apapun ditangannya akan membesar dengan perjuangan yang pantang menyerah. Sudah terbuktikan banyak para pebisnis sukses yang jatuh bangun, hidup sengsara di awal usahanya, sangat ulet terus dan terus mengembangkan modal dananya yang terbatas hingga membesar.

So, rekan-rekan jangan takut berbinis, kapan lagi ?, mulailah dari sekarang. Manfaatkan waktu dan dana kita yang terbatas untuk memulai bisnis sesuai keahlian dan hobbi kita. Bisnis menyenangkan ini yakinlah akan terus membesar yang akan menandingi penghasilan pokok kita, hingga kita membutuhkan banyak tenaga yang membantu menanganinya. Sukses berbisnis sudah terbayang dihadapan kita, maju terus rekan-rekan.

Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion. (http://arrahmandistro.com/ , http://arrahmandistro.blogspot.com/
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.
http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416156

1 komentar:

angga-dwi-cahya mengatakan...

Trima kasih pa saya ter motivasi tpi tlong pa brikan saya cara apa dan jenis bisnis apa yg hrus sya kerjakan tlong ajari sya pa