Senin, 14 Juli 2008

Segmentasi Pasar Produk Kita (dari Kota Padang hr.2)

Bangun pagi untuk sholat subuh sungguh sangat menyenangkan, walaupun sudah larut malam baru sampai di hotel Ayudia Bungo untuk bermalam. Selesai Sholat shubuh, inginnya sih membaca ulang buku pemasarannya Rhenald Kasali “Membidik Pasar Indonesia” yang sangat menarik itu. Dari judulnya saja sudah sangat menarik bagi para pebisnis di Indonesia, tetapi seorang rekan mengajak ke restorant hotel untuk sekedar makan pagi dan minum teh untuk menghangatkan tubuh. Sambil menunggu sarapan pagi dihidangkan, coba melihat email yang masuk ke dalam account yahoo mail melalui HP. Satu persatu kiriman email terbaca, tetapi otak ini tetap saja tertuju pada isi buku pemasaran Rhenald tersebut.

Bagi yang belum pernah membacanya, secara singkat mungkin dapat di ungkapkan bahwa buku tersebut mengulas tentang apa dan bagaimana pasar Indonesia, bagaimana menilai pasar Indonesia dan memilah-milahnya, menetapkan sasaran, dan merumuskan strategi. Banyak produk yang gagal karena tidak didasarkan oleh pengetahuan tentang segmentasi yang memadai. Segmentasi mengajarkan kita semua memahami liku-liku pasar yang heterogen ini. Era konsumen rata-rata telah berakhir, sekarang pasar makin tersegmentasi, dan masing-masing segmen memiliki keinginan yang berbeda.

Senang banget membaca buku pemasaran ini karena kita akan mengetahui tehnik-tehnik baru segmentasi (segmentasi apriori, post-hoc), tehnik-tehnik riset segmentasi, dan cara-cara melakukan positioning yang mudah, murah dan tepat.

Rasanya tidak akan pernah bosanlah membaca buku ini, walau kita sudah pernah membacanya, karena ditulis dengan bahasa ringan dengan contoh-contoh menarik.

Sarapan pagi datang, kamipun sambil makan ngobrol rencana keberangkatan ke lokasi bisnis salah satu rekan. Selesai makan kami langsung berangkat ke lokasi, dengan beberapa rintangan karena guyuran hujan menyebabkan jalan licin, dan kendaraan harus berjalan perlahan-lahan. Untung salah satu rekan bisnis yang mantan pejabat tinggi di negeri ini selalu memberi semangat ke kita-kita yang masih muda, sehingga melihat beliau sangat bersemangat, kitapun turut bersemangat.

Sampai di lokasi kami ditunjukan cara-cara memproduksi produknya, setelah mengambil beberapa sample produk, kamipun kembali ke hotel. Rencana awalnya kami akan langsung kembali ke Padang. Berhubung sudah kemalaman, rencana kembali ke padang ditunda esok hari.

Selesai mandi dan sholat Isya, kami masih terlibat diskusi mengenai rencana kerjasama bisnis yang akan kami laksanakan, ada beberapa opsi yang akan disampaikan oleh rekan bisnis. Beberapa opsi ini harus digodok lagi di Jakarta, sebelum tercipta kerangka kerjasama yang saling menguntungkan.

Saat diskusi beberapa SMS masuk ke Hp, tapi belum dilihat. Selesai diskusi baru SMS terbaca, ternyata ada beberapa calon rekan bisnis yang menginginkan brosur, dan sample produk pakaian muslim dari Sampit Kalimantan Tengah, Bekasi Timur dan Yogjakarta. Belum lagi beberapa telpon dan SMS yang masuk ke nomor telpon istri, telpon rumah dan telpon Toko Ar-Rahman Distro. Ternyata mereka umumnya menginginkan beberapa baju Anak Muslim Keisha-Shasha. Tetapi dengan bujukan kita agar agen memiliki produk yang bervariasi untuk segmen yang berbeda, akhirnya ada juga yang memesan merk Excellent64 dan Sefa yang harganya cukup tinggi. Terimakasih Ya Alloh atas rejekiMu yang datangnya sangat tidak disangka-sangka, semoga rejeki yang datang ini dapat bermanfaat seluas-luasnya bagi kepentingan bersama, dan terus bertambah, bertambah dan bertambah.

Malam semakin larut, siap-siap tidur, tidak lupa kembali berdoa dan puji syukur atas segala rejeki dan nikmat yang begitu besar telah dilimpahkanNya.

Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion. (http://arrahmandistro.com/ , http://arrahmandistro.blogspot.com/
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.
http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416156

Tidak ada komentar: