Jumat, 07 Desember 2007

Tujuan Mulia Berbisnis Busana Muslim Anak


Sebagai orang yang baru berkecimpung di bidang Garmen, kami selalu banyak berkonsultasi kepada pakar-pakar Garmen dan bila cocok kami mencoba memasarkan produk-produk mereka khususnya para produsen baju muslim anak dan remaja.

Kenapa kami memilih segmen pasar ini, padahal segmen dewasa lebih menjanjikan dibandingkan anak dan remaja. Hal ini kami lakukan, karena didirikannya Ar-Rahman Distro dengan niat tulus untuk memasyarakatkan baju muslim di kalangan anak-anak dan remaja muslimah.

Kami, khususnya istri sangat merasa kasihan bila melihat anak-anak remaja muslimah membuka auratnya di jalan-jalan dan mall-mall, kadang berpikir kemana saja orang tua mereka sampai-sampai anak-anak remajanya tidak dilatih cara berpakaian dan bergaul. Wih….Wih…..wihhh berani bener tuh anak ABG pakai bajunya, kekurangan bahan kali jadi perutnya kemana-mana, kata-kata nakal terdengar dibelakang.

Budaya barat yang tidak tersaring ini yang membuat hati kami sangat miris, sehingga kami sekuat tenaga membudayakan anak-anak di keluarga, saudara, dan tetangga untuk mulai menggunakan dan memasyarakatkan busana muslimah.

Rencana hanya ingin memasarkan busana anak muslimah, ternyata justru ditentang oleh pelanggan, yang menginginkan kami juga menyediakan pakaian muslim-muslimah dewasa, sehingga bermodalkan katalog rekan-rekan dari Manet, Shaffa-Shafira, Calosa, dan Toyosin kamipun kebanjiran order, sampai-sampai menjelang hari Raya masih banyak order, tapi sayang saat itu Manet sudah tutup tidak terima orderan lagi, dan ada juga yang bersikeras menginginkan produk Manet setelah hari Raya.., tapi berhubung Manet sangat laris manis sehingga banyak produknya sudah habis, dan pelanggan pun gigit jari.

Pelanggan memang Raja, kita sebagai penjual sebaiknya memperlakukan mereka laksana Raja. Selain pelanggan menginginkan baju dewasa, mereka juga minta kita menyediakan asesoris-asesoris jilbab,. Tetapi keinginan ini belum terlaksana karena Ar-Rahman Distro hanya menyiapkan asesoris jilbab dari Permata Collection. Santai sajalah kata istri, karena Asesoris ini bukan hal utama dalam menutup hijab, tetapi hanyalah perhiasan tambahan.

Sebagai Distributor Jakarta untuk produk Excellent64, Keisha / Shasha, dan Sefa, kami dituntut untuk memperkenalkannya dan memasarkannya di seluruh Jakarta dalam bentuk pameran kecil maupun pameran besar. Ar-Rahman Distro sering malakukan pameran dibeberapa tempat, untuk pameran kecil lingkup kelurahan yang biasanya dilakukan di lapangan terbuka kami biasanya hanya menyediakan produk-produk murah seperti jilbab, baju dan setelan kaos, dan baju bermerk mahal hanya kami bawa sedikit sebagai sample. Sedangkan untuk pameran besar di gedung-gedung tertutup, kami selalu menyiapkan produk bermerk mahal sebagai sarana promosi dan pemasaran kami.

Dari beberapa pameran kecil, memamg umumnya pelanggan membeli jilbab dan pakaian kaos, banyak juga pelanggan yang tertarik dengan produk bermerk mahal. Sering kali mereka bertanya :” ada tidak ya baju semacam ini, tetapi warnanya ini dan nomornya sekian”. Biasanya kita selalu memberikan kartu nama / brosur agar mereka bisa mencari baju yang diinginkan di Ar-Rahman Distro, atau kita tawarkan agar datang lagi esok hari untuk melihat dan mengambil pesanannya.

Kami bersyukur sekali sewaktu ada beberapa rekan-rekan yang ingin memasarkan (pameran) beberapa pakaian yang kami miliki, dengan catatan tidak ada yang hilang (bila hilang merupakan tanggung jawab marketer), secara tidak langsung mereka mempromosikan merk yang kami pasarkan. Mereka sangat berterima kasih atas bantuan kami, padahal dibalik itu semua kita yang diuntungkan, maka untuk itu kitapun mengucapkan banyak terimakasih kepada mereka semua. Simbiosis Mutualisme rupanya. Inilah salah satu bisnis Islami yang kita impikan bersama.

Ar-Rahman Distro, memang sekarang kecil dengan ukuran 4x4 m2, tetapi dengan tujuan mulia kami semoga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat. Kedepan Insya Alloh kami akan membuat Ar-Rahman Distro menjadi besar yang akan memberi lebih besar manfaat kepada orang lain. Amin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/ .
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416

2 komentar:

Adzan W. Jatmiko mengatakan...

seger pak...
banyak belajar nih dari pak adi..

insya Allah kalau bisnis kita diniatkan ibadah (bermisi untuk menutup aurat para wanita) dan ikhlas karena Allah, tinggal tunggu bom waktu kesuksesan pak Adi :)

Adi Prayitno mengatakan...

Kesuksesan di bisnis Garmen khususnya pakaian muslim bagi kami tidak dilihat dari jumlah omset, benefit, asset, atau membesarnya toko dan organisasi, tetapi kesuksesan ini berupa merebaknya budaya berpakaian muslim di Indonesia, serta pemberian manfaat yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan di bawah naungan kita(karyawan.)
Terima kasih doanya brother.