Rabu, 07 Mei 2008

Wirausahawan Andal


Ternyata berwirausaha tidak hanya harus memiliki semangat serta kemampuan teknis memadai saja, tetapi harus memiliki kedisiplinan dan kepemimpinan, dan kalau kita baca di blog Mr. Roni Yuzirman akan lebih banyak lagi yang harus kita miliki sebagai usahawan.

Menurut A.B.Susanto dari The Jakarta Consulting Group, disamping memiliki pengetahuan dan ketrampilan kewirausahaan (entrepreneurship), seorang wirausahawan Andal harus memiliki kualitas kepemimpinan (leadership) yang tinggi. Perpaduan ini disebut Lead-preneurship., ciri-cirinya adalah :

1. Mampu mengubah sumber daya yang tadinya bernilai rendah menjadi sumber daya bernilai tinggi, dengan pengambilan resiko terukur dan kepemimpinan efektif.

2. Mengutamakan peluang dari pada pertimbangan sumber daya yang dimiliki. Baginya masalah yang dimiliki orang lain merupakan peluang sekaligus tantangan.

3. Tidak hanya melihat, tapi memilih peluang yang layak untuk dimanfaatkan, dan mewujudkannya dalam operasi bisnis menguntungkan yang nyata.

4. Memiliki kepribadian : Percaya diri, dan yakin akan pengetahuan, ketrampilan , visi yang dimiliki untuk mewujudkan cita-cita diri dan organisasi.

5. Mampu memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki (kekuatan pribadi, SDM, finansial, Sumber daya lainnya).

6. Kharismatik yang didukung dengan antusias / penuh semangat bekerja dan berstamina tinggi.

7. Mampu menggerakan, menginspirasi / mendorong orang lain untuk bersama –sama mewujudkan tujuan organisasi, dengan keberanian dan keyakinan.

8. Punya visi menarik, menantang dan terpercaya, disampaikan dengan jelas ke karyawan, sehingga menjadi kekuatan pendorong agar perusahaan berkembang dan maju. (menghidupkan visi = live the vision).

9. Yakin ideanya dapat diaplikasikan dan mampu menghasilkan hal positip bagi perusahaan walau banyak orang meragukannya.

10 Wajib memiliki ketrampilan sebagai kunci sukses menjalankan tugasnya : ketrampilan analitis (analytical skill) yaitu mampu menilai situasi, mencari perspektif beragam, mengumpulkan informasi yang diperlukan, mengidentifikasi isu kunci yang perlu mendapat perhatian.; delegasikan (delegation) tugas dan wewenang kepada orang lain.; menggerakan (actuating) rencana yang sudah tersusun dapat diimplementasikan,. Project management, dan time management.

11 Harus didukung dan dikembangkan budaya yang berorientasi pada penciptaaan nilai secara berkesinambungan (wealth accumulation).

12. Sedia menerima tantangan dalam bentuk proyek-proyek baru (enterprising), selalu belajar dan terbuka terhadap ide-ide baru (learning), siap berubah sebagai antisipasi terhadap dinamika lingkungan (transform), memelihara keharmonisan diantara para karyawan perusahaan (harmoni).

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Adi Prayitno http://adi-prayitno.blogspot.com/
Pemilik Ar-Rahman Distro, The Elegance Muslim Fashion.
Distributor Pakaian Muslim Excellent 64 http://excellent64.blogspot.com/ ,Keisha-shasha http://keisha-shasha.blogspot.com/, SefaCollection http://sefacollection.blogspot.com/.
Madu Mutiara Tugu Ibu, Sabun Madu, Shampo Madu , Cream Madu Mutiara.
http://madu-mutiaratuguibu.blogspot.com/
Telp. 08159365700, 021-86604009, 021-91264048, 021-92416156

Tidak ada komentar: