Kamis, 16 April 2009

Negeri Kita Tercinta Indonesia Impor Gula Lagi Loooooooooooo

Hai Adi Prayitno http://arrahmandistro.blogspot.com/ , kami datang lagi dengan topic yang menarik. Anda tahukan bahwa……

Dalam masa Orde Baru, Indonesia pernah merasakan manisnya swasembada gula. Namun belakangan ini seiring dengan tidak adanya penambahan pabrik baru, padahal kebutuhan gula nasional terus meningkat. Anda tahu, Indonesia terpaksa terus mengimpor gula sampai jutaan ton tiap tahunnya.

Tahun lalu Indonesia dipastikan masih belum sanggup merealisasikan swasembada gula seperti yang dicapai pada era ORBA. Fakta menunjukan dari total kebutuhan gula nasional sebesar 3,8 juta ton per tahun, produksi dalam negeri hanya mampu memenuhi sebanyak 2,2 juta ton. Dengan demikian Negara ini terpaksa masih menggantungkan pada impor gula sebesar 1,6 juta ton untuk memenuhi kebutuhan nasional . bahkan bisa jadi volume impor tahun ini bakal lebih besar dari angka tersebut mengingat tingkat produksi gula nasional terancam turun signifikan.

Pemerintah sendiri menyadari bahwa stok gula nasional perlu diperbesar, untuk itu pemerintah melalui Departemen Perdagangan kembali menerbitkan izin impor gula. Impor gula ini rencananya untuk memenuhi kebutuhan nasional dari beberapa propinsi. Propinsi –provinsi yang mendapatkan paling banyak gula impor adalah Jakarta, Sumatra Utara, Jawa Timur dan jawa barat.

Pemerintah sebaiknya memiliknya konsep tata niaga gula nasional, sehingga tidak lagi terlihat adanya sentralisasi impor yang menyebabkan jalur distribusi menjadi panjang, yang hakhirnya harga ditingkat konsumen menjadi lebih tinggi. Ini terbukti walaupun pemerintah telah meningkatkan harga dasar gula, tetapi harga pada tingkat konsumen masih lebih tinggi dari harga yang ditentukan.

Untuk alasan itu, sebaiknya pemerintah jangan membatasi hanya segelintir importer terdaftar untuk mengimpor gula, tapi tawarkanlah ke importer lainnya. Pengusaha daerah juga mampu mengimpor gula dan itu bisa menekan cost perniagaan gula di daerah-daerah. Desentralisasi tataniaga gula dipercaya mampu menekan angka penyelundupan gula dari luar negeri.
Ok, apakah anda setuju dan siap Adi Prayitno http://arrahmandistro.blogspot.com/ , serta tentunya anda semua pengusaha daerah menjadi importer gula ?..............................

Tidak ada komentar: